Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Kamis, 11 November 2010

Berwisata ke Desa, Bisa Kok…

/ On : 19.07/ Terimakasih atas kunjungannya, di BLOG saya yang sederhana ini. Semoga bermanfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, kritik, saran serta komentar untuk kemajuan blog ini ke depan sangat saya tunggu. Jika Anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan seputar artikel di blog ini, silahkan hubungi saya via e-mail.
Di Jogja masih banyak desa-desa dengan pemandangan dan atraksi budaya daerah yang masih terjaga. Desa-desa ini merupakan asset yang harus dilestarikan sebagai laboratorium dan museum agar bisa dipelajari sekaligus di kembangkan agar tidak punah. Salah satu desa yang bisa kita kunjungi, dan memiliki pesona alami adalah desa agro wisata Turi.

Desa Turi merupakan desa yang masih alami dan terkenal dengan perkebunan salak Pondoh yang merupakan salak asli dari Jogja. Desa Turi terletak di kaki gunung Merapi, yang masih aktif. Abu vulkanik hasil letusan Merapi membuat tanaman seperti salak tumbuh di desa ini.

Produk unggulan sekaligus maskot desa Turi, yaitu salak Pondoh. Salak Pondoh dari X Desa agrowisata Turi ini sudah terdistribusikan hampir ke seluruh wilayah di Indonesia, bahkan sampai di eksport ke Malaysia dan Jepang. Salak ini merupakan tanaman yang unik, dengan bentuk pohon seperti bagian atas pohon kelapa sawit dengan sentuhan sedikit corak pakis, menjadi keunikan tersendiri bila disusun berjajar.
Salak pondoh terkenal dengan buahnya yang kecil dengan daging buah yang kenyal serta manis dan tidak lengket dengan biji salaknya. Rasanya yang manis ini, yang membuat salak pondoh di cari para wisatawan yang ingin membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga.
Untuk mencapai kawasan pariwisata ini cukup mudah, kita bisa Anda bisa melewati jalan magelang atau melewati jalan monjali trus kemudian jalan palagan tentara pelajar untuk sampai di daerah Desa agro wisata Turi buah, desa turi ini.
Suasana alam yang dingin dan indah akan menghampar di depan mata kita. Banyak pekarangan rumah warga yang ditanami pohon salak pondoh. Dan hampir orang-orang di sana bermata pencaharian sebagai petani salak, serta berternak sapi perah. Desa agro wisata Turi berdiri di lahan seluas 27 hektare. Terdapat juga fasilitas pendukung, seperti tempat bermain anak-anak, pemancingan dan kolam renang. Desa agro wisata Turi ini terletak di Kampung Gadung, Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi Kabupaten Sleman.
Wisata ke desa Agro Turi merupakan alternatif pilihan untuk jalan-jalan di Jogja. Selain udaranya yang masih sejuk, orang-orangnya juga ramah tamah. Disini kita juga bisa belajar, karena di desa wisata Agro di Turi terdapat 17 jenis tanaman salak bisa dijumpai di kebun seluas dua hektar tersebut. Mulai dari salak pondoh super, salak pondoh kuning, salak pondoh hitam, salak condet, salak manggala, salak gading, salak bali, salak semeru hingga salak tanonjaya.

0 komentar:

Posting Komentar

Populer

Pengikut