Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Selasa, 09 November 2010

Senang-senang di Kebun Binatang Gembira Loka

/ On : 00.39/ Terimakasih atas kunjungannya, di BLOG saya yang sederhana ini. Semoga bermanfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan. untuk itu, kritik, saran serta komentar untuk kemajuan blog ini ke depan sangat saya tunggu. Jika Anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan seputar artikel di blog ini, silahkan hubungi saya via e-mail.
gambar 1
Bermain ke kebun binatang adalah sebuah kegembiraan. Banyak ekspresi unik para hewan-hewan yang bisa membuat siapapun akan kembali refresh. Mengunjungi kebun binatang juga menjadi melankolia indah atas kenangan-kenangan diwaktu kita kecil. Karena seringkali kita diajak orang tua (waktu kecil) bertamasya ke kebun binatang.

Salah satu kebun binatang kebanggan warga Jogja adalah kebun binatang Gembira Loka, yang terletak kurang lebih 5 km arah timur dari kraton Yogyakarta, menempati area seluas 20,4 ha. Lokasinya yang berada di jantung kota Jogja, mampu menyedot pengunjung 1,5 juta orang per tahun.

Kebun binatang Gembira Loka memiliki koleksi lebih dari 500 jenis tanaman dan lebih dari 400 jenis binatang. Kebun binatang Gembira Loka terletak di dua wilayah, yaitu kecamatan Kotagede dan kecamatan Umbulharjo. Keduanya dipisahkan oleh sungai Gajah Wong, dimana sebelah timur merupakan kebun raya, dan sebelah barat merupakan kebun binatang.

Proses berdirinya Gembira Loka memakan waktu cukup lama, sampai 20 tahun. Sejak tahun 1933 atas berkenan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII direncanakan adanya tempat hiburan yang dinamakan Kebun Rojo yang selanjutnya diteruskan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Pelaksanaan rencana Kebon Rojo itu, oleh Sri Sultan dimintakan bantuan seorang ahli bangsa Belanda bernama Ir. Karsten. Menurut pendapatnya tempat yang paling baik adalah disebelah Barat kali Winongo, oleh karena itu lalu diadakan pembebasan tanah.

gambar 2
Rencana mendirikan Kebon Rojo tersebut belum sampai terwujud, Perang Dunia II meletus dan Indonesia sebagai jajahan Belanda terseret akibat perang tersebut dan selanjutnya diduduki tentara Jepang. Selama pendudukan Jepang rencana mendirikan Kebon Rojo itu terlupakan sama sekali.

Dalam tahun 1949 sesudah chlas II, Pemerintah pusat merencanakan dan menyiapkan pemindahan Ibukota dari Yogyakarta ke Jakarta. Waktu itu timbulah gagasan dari para Sekretaris Jendral Kementrian yang akan pindah ke Jakarta berkehendak memberikan suatu kenang-kenangan kepada masyarakat Yogyakarta suatu tempat hiburan. Pelopordari usaha itu adalah Sdr.Januismadi dan Sdr. Hadi, SH. Walaupun usaha itu mendapat sambutan baik dari masyarakat Yogyakarta, tetapi hasilnya belum dapat dirasakan oleh masyarakat Yogyakarta.

Baru pada tahun 1953 rencana untuk mendirikan Kebon Rojo itu dapat diwujudkan, yaitu dengan berdirinya Yayasan GEMBIRA LOKA Yogyakarta, dengan Akte Notaris RM. Wiranto No. I I tanggal 10 September 1953, dan diketuai oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII. Yayasan inilah yang merintis berdirinya Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka.

Jalan-jalan ke kebun binatang Gembira Loka, bisa jadi merupakan alternatif mencari kesegaran dan refreshing di tengah kesibukan kita sehari-hari. Untuk menuju ke kebun bnatang Gembiraloka cukup mudah, kita bisa naik Trans Jogja, Bus kota atau bisa juga naek kendaraan pribadi. Dari Keraton Yogyakarta bisa langsung lurus kea rah Timur.


gambar 1: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEio3Jm6iZb81fFKvI8UXLBEMlkkuaQceWVY1rOZoF5o62mt_UZ2U5P8nrlM8MHFst5GCelrMf6s3kJW1a6Q4bZgMnv6hsqUcUwro5JB69EcWAZOn4YVZoYl4HEYEmvoO1kyX79BHhyphenhyphenhq_9I/s1600/Kebun+Binatang+Gembira+Loka.jpg
gambar 2: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLwY0ZgUoqngI0gjYEYldaO6sNvq9YwX_LKegEVbaEuZI3OullTn2IDIt6cjR108GLXsE2Iyy_SJK20HHphlRuSX3l41YmwQacITkx4Z6KnjY4EpM3rmpKXggozRNZ1pnBx9KiUh1vuKXw/s400/Foto016.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Populer

Pengikut